Punya Hipertensi Alias Tekanan Darah Tinggi? Pantang Duduk Banyak Gerak!

Aktivitas fisik bisa sama efektifnya dengan obat resep menurunkan darah tinggi (menurut analisis ilmiah yang diterbitkan di British Journal of Sports)

Hal ini bukan berarti pasien hipertensi menyingkirkan peran obat medis, tapi orang yang tekanan darahnya tinggi mesti meningkatkan tingkat aktivitas fisiknya, kesimpulan dari sumber penelitiannya (meta-analysis of 391 randomised controlled trials assessing exercise and medication effects on systolic blood pressure: British Journal of Sports Medicine, 2018; bjsports-2018-099921 DOI: 10.1136/bjsports-2018-099921)

Olahraga seperti lari, renang, bersepeda bahkan sekedar berjalan kaki dapat menurunkan tensi sistolik dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah sehingga tekanannya dapat lebih rendah.

Dan menurut studi; berjalan kaki di pagi hari minimal 30 menit saja bisa menurunkan tekanan darah seharian khususnya bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Tapi kalau mereka yang sudah kegemukan malah menjadi komuter atau penglaju yang berangkat kerja pagi hari dengan kendaraan pribadi, lebih tinggi resiko sakit pembuluh darah seperti hipertensi dan jantung koroner karena kelamaan duduk.

Di kantor pun sebaiknya jangan kelamaan duduk, setiap 15-20 menit sebaiknya berdiri dan bergerak saja sedikit selama beberapa menit.

Dengan mengurangi duduk dan meningkatkan aktivitas fisik khususnya banyak jalan kaki, akan membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association Hypertension pada tahun 2019.

Jadi bukan masalah pantangan makanan (walaupun ada baiknya kurangi junk-food tinggi sodium dan tingkatkan makanan alami tinggi kalium), yang lebih penting adalah pantang duduk, perbanyak bergerak.

Jika duduk kelamaan, enzim yang bantu proses lemak akan menurun sehingga trigliserida jadi tinggi lalu kolesterol dan gula darah juga naik, pembuluh darah tambah kaku, bikin hipertensi makin parah dan bahaya.

Dengan rutin olahraga walau ringan dan aktif bergerak seharian pantang duduk akan dapat turunkan tekanan darah plus bantu menurunkan juga berat badan yang berlebihan.

Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter, baca juga artikel pantangdiet.com lainnya serta pesan ebooknya Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan via WhatsApp087878105050 (online coaching) Join juga Grup Telegram, Facebook, Fan Page Pantang Diet dan Subscribe YouTube serta Follow Instagram dan Twitter @pantangdiet

Iklan