Sakit Punggung Nyeri Bagian Bawah Pinggang Belakang?

Nyeri punggung bagian bawah sering diderita oleh mayoritas banyak orang, dan perawatannya membutuhkan terapi fisik yang intens, serta lumayan mahal.

Sebuah studi baru menyatakan bahwa program aerobik berbiaya rendah dengan berjalan kaki itu sama efektifnya dengan terapi klinik fisioterapi yang berbayar.

Dr. Michal Katz-Leurer dari Stanley Steyer School of Profession of Health di Fakultas Kedokteran Sackler mengatakan bahwa program aerobik seperti jalan kaki yang sederhana sama efektifnya dalam mengurangi nyeri punggung bagian bawah tanpa perlu peralatan khusus seperti di klinik rehabilitasi.

Menurut Dr. Katz-Leurer, penelitian menunjukkan bahwa ketika orang aktif bergerak dan jalan kaki, otot perut dan punggung juga turut bersinergi, riset ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah Clinical Rehabilitation.

Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan perbaikan kesehatan, menunjukkan bahwa program berjalan kaki ini “sama efektifnya dengan perawatan di klinik khusus,” kata Dr. Katz-Leurer.

Analisisnya juga mencatat bahwa orang yang aktif bergerak sepanjang hari lebih terhindar dari sakit dan rasa nyeri di punggung yang sering diderita orang yang kurang aktif.

Berjalan, walaupun bukan aktivitas olahraga yang intensif, merupakan kegiatan yang menyehatkan karena menurunkan tekanan darah, lemak dan gula darah juga terjaga rendah, serta meningkatkan fungsi otak plus sistem kekebalan tubuh menguat, ditambah lagi mengurangi stres.

Orang yang kebanyakan duduk akan membuat tulang punggung ketekuk walaupun duduk tegak, tetap akan menekan karena jadi melengkung dan membebani bagian bawahnya.

Luruskan ruas-ruas tulang punggung dengan berjalan secara alami yang andalkan juga otot pantat serta kaki, mengurangi nyeri atau sakit saraf di bagian punggung bawah serta memperlancar peredaran darah.

Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter, baca juga artikel pantangdiet.com lainnya serta pesan ebooknya Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan via WhatsApp087878105050 (online coaching) Join juga Grup Telegram, Facebook, Fan Page Pantang Diet dan Subscribe YouTube serta Follow Instagram dan Twitter @pantangdiet

Iklan