Kunci Mengelola Berat Badan

Banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan beragam diet tapi persepsi umum adalah hampir semuanya gagal dalam menjaga penurunan berat badannya dalam jangka panjang.

National Weight Control Registry adalah suatu institusi memberikan informasi tentang strategi yang digunakan oleh pengelola penurunan berat badan yang berhasil mencapai dan mempertahankan penurunan berat badannya dalam jangka panjang.

National Weight Control Registry (NWCR), memiliki database ribuan anggota yang sukses menurunkan dan menjaga berat badannya tidak naik lagi selama lebih dari 5 tahun.

Awalnya mereka berstrategi diet untuk menurunkan berat badan adalah dengan membatasi makanan tertentu/berpantang (87,6%), membatasi jumlah/porsi (44%), dan menghitung kalori (43%) jadi banyak cara menurunkan berat badan.

Tapi untuk mempertahankannya itu butuh manajemen atau mengelola berat badan dengan beberapa cara:

1. Rajin memantau dan menimbang, ada kenaikan berat badan sedikit saja bisa diketahui dengan segera diatasi, jika naiknya sudah banyak itu yang susah untuk diturunkan lagi.

2. Kebanyakan mereka yang berhasil menjaga berat badan tidak naik lagi cukup dengan makan seimbang tapi kurangi kalori dari lemak serta tetap sarapan, jadi tidak perlu diet ketat.

3. Ciri yang utama dari mereka yang berhasil menjaga berat badan agar tidak naik kembali adalah tingginya aktivitas fisik, ini bukan berarti mesti olahraga (walau tidak dilarang juga).

Banyak orang yang tak sempat atau tidak ada waktu untuk berolahraga, olahraga pun hanya bakar rata-rata 100 Kcal/hari, jika olahraganya bisa seminggu tiga kali beberapa jam.

Justru tingkat aktivitas di luar olahraga lah yang membedakan mereka yang gemuk hingga obesitas dengan mereka yang langsing atau sukses menurunkan berat badan, ini disebut NEAT (Non Exercise Activity Thermogenesis).

Keterangan gambar (a, b, c, d) khusus untuk member PD online coaching, karena interpretasi materi ini berasal dari jurnal ilmiahnya, yang juga akan didiskusikan dan dibagikan khusus kepada para peserta (Basic, Regular, Exclusive), Open Slot May LIMITED!

Iklan