3 Keyakinan Fanatik yang Salah

1. Dahulu saya kira gula itu sama kayak narkoba, bikin kecanduan dan sangat tidak menyehatkan.

Faktanya: gula memang mengaktivasi bagian sistem reward di otak yang sama aktifnya ketika kita sedang hepi dari beragam pemicu.

Jadi, gula tidak berbahaya malah baik untuk melawan stres dan sumber energi yang memotivasi asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

2. Sebelumnya, saya yakin karbohidrat itu bikin gemuk karena meningkatkan hormon anabolik insulin.

Yang benar; memang karbohidrat naikin insulin tapi adalah normal untuk dinamika hormonal yang berfluktuasi (turun dan naik), dan insulin berguna untuk regulasi kadar gula darah, asam amino (protein), serta tetap berfungsi walau hanya konsumsi lemak, kalori dari semua tetap memicu hormon insulin juga.

Kesimpulannya, tidak ada hormon yang jahat tercipta di dalam tubuh kita, asalkan bergaya hidup aktif dengan pola makan sehat bergizi dan tidak konsumsi kalori yang berlebihan dari kebutuhan.

3. Saya pernah percaya bahwa badan ini butuh detoks untuk perbaikan metabolisme supaya lancar menurunkan berat badan.

(Secara ilmiah) Liver dan ginjal adalah organ yang mendetoksifikasi setiap hari seumur hidup tanpa butuh makanan atau minuman khusus.

Bahkan, dengan rutin berpuasa serta hidup sesuai ritme sirkadian akan mengoptimalkan hati dan ginjal serta metabolisme manusia.

Maka, teruslah belajar dan membuka pikiran, supaya ilmu pengetahuannya terus berkembang dan agar tidak mudah dibodohi karena fanatisme membabi buta..

Baca pantangdiet.com dan ikuti semua medsos @pantangdiet, join grup Facebook serta Telegram PD untuk mentoring gratis, atau pesan ebooknya Pantang Diet 2019 serta daftar konsultasi privat (online coaching, limited slot) #pantangdiet *repost gambar: @antidiet_dietitian

Iklan