Telur, Kolesterol dan Stroke

Sebuah studi baru dari Universitas Eastern Finland menunjukkan bahwa asupan kolesterol makanan yang cukup tinggi seperti konsumsi telur tidak terkait dengan peningkatan risiko terkena penyakit stroke.

Temuan terbaru ini diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Beragam penelitian sebelumnya mengaitkan kolesterol dari makanan seperti telur dengan risiko stroke itu cukup kontroversi (tidak pasti).

Beberapa riset telah menemukan hubungan antara asupan makanan yang tinggi kolesterol dengan naiknya risiko sakit stroke, tapi ada juga yang menghubungkan konsumsi telur, yang tinggi kolesterol, malah menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

Bahkan, bagi kebanyakan orang, kolesterol dari makanan itu sangat kecil pengaruhnya pada kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kolesterol yang tinggi banyak diproduksi di dalam diri sendiri khususnya dari hati, dari banyak penyebab mulai infeksi, inflamasi, hipotiroid, kurang gizi/malnutrisi, dll.

Jadi, kesimpulan dari para peneliti menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung kolesterol seperti konsumsi telur, walau setiap hari, itu tidak terkait dengan risiko stroke.

Walaupun begitu, temuan penelitian ini harus diverifikasi dalam kelompok yang lebih besar serta kepada orang dengan penyakit kardiovaskular yang sudah ada sebelumnya, yang saat ini disarankan untuk membatasi asupan kolesterol termasuk makan telur.

Dan untuk kita semua, sebaiknya makan segala sesuatu itu tidak berlebihan, konsumsilah makanan yang seimbang gizinya dan optimal nutrisinya, serta tingkatkan aktivitas untuk metabolisme membakar lemak.

Baca cara meningkatkan metabolisme di ebooknya Pantang Diet baru 2019, metode menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tanpa diet, tidak harus olahraga, makan bebas apapun tanpa pantangan. Pesan via DM atau WhatsApp087878105050 serta daftar paket Online Coaching #pantangdiet #kolesterol #telur #antidiet #dietenak

Journal Reference:

  1. Anna M Abdollahi, Heli E K Virtanen, Sari Voutilainen, Sudhir Kurl, Tomi-Pekka Tuomainen, Jukka T Salonen, Jyrki K Virtanen. Egg consumption, cholesterol intake, and risk of incident stroke in men: the Kuopio Ischaemic Heart Disease Risk Factor Study. The American Journal of Clinical Nutrition, 2019; DOI: 10.1093/ajcn/nqz066
Iklan