Satu Nutrisi yang Penting ketika Diet Keto (Rendah Karbohidrat Tinggi Lemak)

Diet Keto? Satu Zat Gizi yang dibutuhkan saat berpola makan rendah karbohidrat apalagi jika tinggi konsumsi lemak;

Riboflavin adalah vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pembakaran karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi.

Dan untuk tubuh membakar lemak jadi energi, tubuh butuh Riboflavin dua kali lipat daripada membakar karbohidrat.

Namun lemak dari makanan serta minyak apapun tidak ada yang mengandung Riboflavin, jadi semakin banyak konsumsi lemak, malah bisa semakin sedikit asupan Riboflavinnya.

Padahal, Riboflavin atau vitamin B2 ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerap oksigen dan membakar kalori jadi tenaga, yang mendorong penurunan berat badan jika sudah kegemukan, Riboflavin jadi penting.

Jika berpola makan yang rendah karbohidrat lalu meningkatkan porsi lemak, maka kebutuhan Vitamin B2 ini jadi tinggi dan butuh asup banyak makanan yang mengandung Riboflavin.

Makanan yang tinggi kandungan Riboflavin adalah hati, keju plus susu, kacang almon, daging sapi dan ikan salmon, telur, jamur juga.

Kalau biji wijen dan sayur bayam juga ada tapi butuh banyak banget, padahal mengandung anti nutrisi seperti lectin yang ganggu usus dan oksalat yang tingkatkan asam urat serta berpotensi bikin batu ginjal.

Jadi, jika diet ketogenik yang tinggi lemak rendah karbohidrat, itu akan meningkatkan kebutuhan vitamin B2 atau Riboflavin sekitar 25% lebih banyak daripada pola makan yang seimbang.

Kekurangan Riboflavin atau defisiensi vitamin B2 selain membuat berat badan stuck susah turun, juga bergejala sering pusing dan migrain, mual, pandangan kabur, mata suka gatal dan berair, mudah lelah, sakit tenggorokan dan sariawan serta luka di sekitar mulut juga lidah, kulit kering atau pecah-pecah, dermatitis, dll.

Riboflavin juga vital untuk melawan inflamasi atau peradangan, radikal bebas (oxidative stres/tekanan oksidatif), gula darah dan anemia, serta sakit jantung hingga beberapa jenis penyakit kanker.

Penuhi kebutuhan vitamin B2 ini dari sumber alami tapi kalau perlu boleh suplementasi, silahkan konsultasi kepada tenaga ahli kesehatan & gizi.

Sekian pengetahuan singkat dari redaksi pantangdiet.com, semoga bermanfaat, salam sehat! #pantangdiet

Iklan