Pantang Diet; NEAT & Mikroba

Jika Anda mengganti kalori dari kentang goreng dengan konsumsi yogurt setiap hari, maka dalam setahun berat badan bisa turun sebanyak 2~ 5 KG tanpa diet-dietan.

Memang, hasilnya tidak sebanyak dan secepat diet, karena diet itu hanyalah sementara dan hasilnya tidak permanen (bisa naik lagi beratnya).

Untuk menurunkan berat badan dan menjaga hasilnya dalam jangka panjang, malah tak usah berdiet.

Jadi, bukan sekedar diet mengurangi porsi atau asupan makanan saja..

Pilihan makanan juga mempengaruhi, jika kebanyakan makan junk-food yang rendah nutrisi maka kita akan mudah merasa cepat lapar lagi.

Namun, jika fokus pada makanan alami bergizi minim prosesan akan membuat kita kenyang tahan lama.

Dan ingat juga sisi sebelah dari input kalori yaitu outputnya; membakar kalori dengan pengeluaran tenaga dari metabolisme diri serta dari mikroba.

Artinya bukan hanya olahraga, justru yang utama adalah aktivitas harian, alias NEAT (Non Exercise Activity Thermogenesis), jadi janganlah kebanyakan duduk kurang gerak.

NEAT yang rendah (di bawah 10 ribu langkah per hari) mengakibatkan kegemukan serta untuk kesehatan pembuluh darah, organ, dan tulang.

Selain itu, peranan mikroba usus cukup signifikan diluar persoalan perhitungan kalori, bisa menentukan berat badan seseorang untuk jangka panjang, jadi mesti diperhatikan.

Konsumsi makanan seimbang dan bervariasi, untuk ragam bakteri baik yang membantu pencernaan serta menjaga usus mencegah kanker.

Bisa tambahkan karbohidrat sehat berserat, makanan dan minuman prebiotik juga yang difermentasi (probiotik) plus bumbu-bumbu.

Diet yang terlalu restriktif, seperti diet sangat rendah karbohidrat, bisa membinasakan sebagian besar mikroba yang bermanfaat ini dan mengurangi toleransi jika konsumsi karbohidrat malah jadi bergejala.

Walaupun yang utama, tetaplah konsumsi protein dan lemak sehat secukupnya, jangan juga berlebihan, agar pencernaan optimal dan berat badan tetap optimal! #pantangdiet

Baca lebih lanjut tips-tipsnya di ebook Pantang Diet 2019, silahkan pesan via WhatsApp087878105050 juga sedia jasa konsultasi privat one on one di paket bimbingan online coaching PD.

Iklan