Tips Turunin BB Tanpa Diet

Cara gampang banget nurunin berat badan tanpa diet, olahraga atau puasa..

1. Abis makan coba sikat gigi, itu akan memberikan ‘closure’ yaitu rasa yang menyudahi sesi makan, jadi konsumsi kalori tidak berlebihan. Biasanya orang susah menelan nafsu makan begitu sudah makan inginnya makan terus menerus padahal perasaan kenyang suka ‘nge-lag’ beberapa menit.

2. Minum segelas air (kalau bisa mengandung elektrolit) jadi mengembangkan lambung, bikin cepet kenyang, pas makan juga boleh sambil minum atau yang berkuah, tenang aja itu air/cairan tidak akan menggangu pencernaan dan melarutkan asam lambung, lambung kita sudah didesain untuk menahan makanan agak lama dan mengalirkan air lebih cepat, ga percaya? Liat aja bentuk lambung!

3. Makanlah makanan yang mengandung serat dan air, seperti buah utuh bukan jus serta sayuran yang bervolume besar tapi rendah kandungan kalori (namun bikin perut berasa penuh, hati-hati malah begah kalau kebanyakan serat dan fruktosa-nya, bikin bergas).

4. Utamakan banyak makan protein yang rendah lemak, karena lemak yang berlebihan justru memicu resistensi insulin dan lemak turut meningkatkan insulin perlahan tapi pasti naik setelah beberapa jam makan (kebalikan dari karbohidrat yang naikin gula darah lalu picu insulin secara cepat sampai melonjak tinggi tapi turun setelah beberapa jam) konsumsi protein akan membuat gula darah dan insulin stabil karena turut memicu glukagon, hormon lawannya insulin.

5. Ambil makanan dalam porsi yang tidak berlebihan dengan mengatur ukuran wadahnya seperti piring, memberikan ilusi kenyang karena makan sampai habis, makanya kalau tempatnya besar otomatis ingin konsumsi kolori yang lebih banyak karena dorongan pikiran atau kebiasaan untuk selalu menghabiskan makanan yang ada di piringnya.

6. Hindari makanan prosesan, konsumsi makanan alami bergizi yang diolah/dimasak minimal, jadi jauhi junk-food dan makanan buatan pabrik yang biasanya tinggi kalori tapi rendah nilai nutrisinya, malah kebanyakan zat-zat pengawet, perasa, pewarna, garam, gula, lemak seperti minyak/margarin pada jenis makanan kemasan yang kurang mengenyangkan tahan lama, bikin cepat lapar lagi atau picu rasa rakus.

7. Tetap aja santai jangan stres, sesekali konsumsi makanan apapun yang disuka silahkan saja, justru kalau stres diet terlalu ketat akan kontra-produktif, tetap usahakan pola makan sehat most of the time, boleh juga olahraga walau tetap harus aktif bergerak jangan mentang-mentang udah olahraga malah malas karena justru kegiatan diluar olahraga yang paling banyak membakar simpanan kalori dari lemak badan dan kalau mau puasa sebentar alias tidak ngemil ada jeda 4~6 jam antara waktu makan dan sebelum tidur boleh juga dicoba ya..

Sekali lagi, jangan stres mesti cukup istirahat dan berpikir jernih, karena kortisol tinggi terus menerus akibat kecemasan justru juga bikin gemuk!

Baca juga info Pantang Diet 2019 do ebooknya, pesan via WA087878105050 juga tersedia konsultasi personal boleh japri untuk program bimbingan online coaching atau kalau yang mau mentoring gratisan bareng aja di grup Facebook Pantang Diet ya!

Iklan