Mengatasi Kelebihan Berat Badan dan Obesitas

Mengapa orang bisa kelebihan berat badan? Utamanya itu karena makanan, dan tingkat aktivitas, sisanya sebagian kecil karena kondisi medis (penyakit) dan genetika serta faktor lingkungan seperti toksin, radiasi, seperti HULK! Hahaha ūüėā ūüėĀ

Tapi utamanya adalah dampak dari makanan, yaitu kandungan gizi alias nutrisi, isi kalorinya alias sumber bahan bakar jadi energi di makanan itu serta dampak hormonal (insulin, leptin, ghrelin, tiroid, dll.) Yang dipicu dari beragam jenis makanan.

KOMPONEN MAKANAN: 1. NUTRISI atau kandungan zat gizi seperti asam amino dan lemak esensial serta beberapa vitamin dan mineral serta elektrolit yang penting. 2. ENERGI atau isi kalori yang dibakar jadi tenaga ATAU disimpan jadi cadangan di lemak badan. 3. HORMONAL atau efeknya ke metabolisme biokimia sistem endokrin manusia yang kompleks.

Defisiensi zat gizi atau malnutrisi bisa bikin lapar, kekurangan kalori secara dramatis dan dalam jangka panjang menurunkan metabolisme, sebaliknya kelebihan kalori makin mengendurkan batas rada kenyang, efek hormonal bisa picu nafsu makan tinggi dan membuat tubuh menahan lemak.

Kita mesti kelola ketiga komponen dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, serta juga jangan lupa untuk meningkatkan pembakaran kalori, melancarkan penyaluran nutrisi serta optimalisasi hormon-hormon dengan tingkat aktivitas yang cukup (olahraga serta banyak bergerak dalam keseharian, mengurangi durasi duduk-duduk).

Plus terakhir, yang tidak kalah penting adalah manajemen stres. Mesti cukup beristirahat, maka: jangan begadang!!!

Salam Sehat Pantang Diet, selamat tidur pembaca #pantangdietdotcom #followinstagram@pantangdiet #WA #087878105050 #ebook #konsultasi