Mekanisme Obesitas dari RAGE

Dalam jurnal ilmiah yang diterbitkan tanggal 16 Juli 2019; mengungkapkan bahwa terdapat sejenis protein dari sistem imun yang disebut RAGE yang terdapat di permukaan sel lemak yang mampu menghentikan pemecahan simpanan lemak badan ketika stres.

Para peneliti menemukan mekanisme anti-kelaparan (menyetop pemecahan lemak badan terus menerus) yang ternyata merupakan stres di tingkat seluler itu dapat terjadi juga ketika lemak, menurut penulis studi utama: Ann Marie Schmidt, MD, Profesor Endokrinologi Dr. Iven di NYU School of Medicine.

Menurut penelitian, sinyal protein RAGE ini dapat memblokir aktivitas “pembakaran lemak” ketika seseorang kelaparan, kedinginan, terluka, cedera, stres, panik, dan makan berlebihan.

Menurut studi juga, RAGE dipicu oleh Advanced Glycation End-Products (AGEs), yang terbentuk ketika gula darah melekat dengan protein atau lemak – paling sering terjadi pada proses penuaan, orang yang diabetes dan obesitas alias kegemukan yang disebabkan oleh makan berlebihan).

Selain itu, yang juga mengaktifkan reseptor RAGE di sel-sel lemak ini adalah respons terhadap stres.

Dalam risetnya, mengeluarkan RAGE dari sel-sel lemak berhasil melepas rem metabolik sehingga bisa mengurangi berat badan.

Pembakaran lemak yang tersimpan bisa lebih banyak, pengeluaran energi makin tinggi, ketika RAGE dikurangi.

Maka dari itu, kurangi makan dan jangan stres, kelola pikiran serta makan makanan yang sehat supaya metabolisme tubuh membakar lemak badan tidak direm oleh RAGE.

Kata ‘rage’ ini juga bisa berarti marah, gelisah, cemas, kesal, ngamuk atau ngambek karena ‘bad mood’ alias emosi yang negatif) yang dapat menghambat penurunan berat badan dengan makan banyak dan stres.

Makan secukupnya saja, jangan ikuti mood atau perasaan emosional tapi karena rasa lapar alami dan atasi stres bukan dengan makanan namun dengan kegiatan lainnya yang positif.

Kegiatan seperti olahraga, meditasi, rileksasi, melakukan hobi, berkebun, beres-beres dan bersih-bersih, dsb.

Baca tips-tips lain di ebooknya Pantang Diet 2019 serta daftar konsultasi privat one on one via WhatsApp087878105050 atau ikuti mentoring gratis di grup Facebook dan Telegram: Pantang Diet #PD #PantangDiet

Iklan