Tips Diet yang Sukses Permanen (Bukan Diet Yoyo tapi Pola Makan yang Sehat)

Dr. John Yudkin di buku Eat Well, Slim Well. London, Collins. ©1982, mengatakan:

(1) Diet Anda harus mengandung lebih sedikit kalori dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

(2) Setelah Anda menjadi langsing, Anda ingin tetap langsing. Jadi dietnya harus bisa permanen.

(3) Untuk menjadi pola makan yang permanen, diet harus cukup menarik. Jika terlalu membosankan atau membatasi, Anda akan tergoda untuk menyerah.

(4) Untuk kesehatan, pola makannya juga harus bergizi. Tetap dengan lebih sedikit kalori, tapi harus mengandung semua protein, vitamin, dan elemen mineral yang dibutuhkan.

(5) Agar menjadi permanen, kegiatan bersosialisasi tidak menjadi halangan pola makan. Karena itu harus bisa diambil dari makanan yang biasa yang dimakan bareng teman dan keluarga, serta Anda dapat memesannya di restoran dan kafe, juga bisa didapat di pesta/kondangan.

(6) Akhirnya, pola makan baru Anda tidak akan bisa permanen jika sangat rumit sehingga Anda harus bawa catatan, menghitung setiap kalori makanan dan minumannya.

Intinya, pilihan kita tetap banyak hanya membatasi sedikit saja, anggap sebagai alergi, jika konsumsi karbohidrat berlebihan reaksi alerginya jadi gemuk.

Jadi jangan Cheating yang kalap (binging), makan karbo/gula jadi menggila!

STOP!

Cukup makan sedikit aja, karbohidrat hanya sebagai bumbu atau sausnya, jika makan diluar #TIPS -nya:

1. Buang tepungnya misal makan ayam/udang goreng tepung, tepungnya dibuang.

2. Ganti nasi, mi, roti, pasta, kentang dengan sayuran (tapi juga tak perlu berlebihan).

3. Minuman yang tawar saja jangan yang manis manis atau beralkohol, kalaupun terpaksa sedikit saja dan encerkan dengan air putih.

4. Kalau ada dessert yang harus banget dimakan/icip misal bareng2, boleh cukup sesuap atau segigit aja dan bakar dengan olahraga/NEAT lebih banyak.

5. Enaknya bisa makan sampai kenyang, daripada diet hitung kalori, jadi terbatas ngga puas dan ngga bisa sampai kenyang,

Kalau pola makan ini cukup jaga kadar karbohidrat/gula sangat rendah, makan yang lain (yaitu protein & lemak*) boleh bebas aja makannya sampai kenyang dan puas!

*tapi ingat; tidak perlu juga berlebihan konsumsi lemaknya sampai makan butter satu blok, dst. #PD

Iklan