Hyperphagia dan Makro Diet Terbaik

Mayoritas orang makan kebanyakan makanan kombinasi dari karbohidrat dan lemak, gula dan minyak, itu akan membuat hyperphagia alias nafsu makan tinggi jadi rakus, mudah lapar lagi, konsumsi kalori jadi berlebihan..

Nah, kalau kita ganti sebagian porsi karbo+lemak dengan meningkatkan prosentase protein di dalam porsi makanan kita sehari-hari, maka akan mudah kenyang tahan lama, otomatis asupan kalori berkurang dan berat badan turun, plus sehat lagi..

Jadi berfokuslah pada konsumsi protein, kalau karbo/gula dengan lemak/minyak secukupnya aja, disetel sesuai kebutuhan dan tujuan aja, kalau tujuannya ingin turun berat badan yaa dikurangi kalori dari karbo & lemak..

Dengan protein sebagai prioritas, menjadikan tubuh lebih sehat, kalori terjaga karena mencerna protein itu meningkatkan metabolisme yang lebih tinggi daripada cerna makanan lainnya plus protein sebagai nutrisi penting yang membangun semua sel..

Termasuk membangun otot yang berfungsi membakar kalori dari lemak badan agar tambah ideal beratnya, tanpa terlalu kekar kecuali dengan olahraga angkat beban progresif dan hormon testosteron yang tinggi (jadi yang wanita jangan takut jadi kekar)..

Dan kalau kekurangan protein, tubuh akan mendorong konsumsi lebih tinggi makanan apapun juga untuk memenuhi kebutuhan gizi protein ini, sehingga kurang protein bikin lapar terus, makan jadi berlebihan kalori..

Jika mengutamakan makan protein, maka akan lebih mudah kenyang yang tahan lama, asalkan cukup juga nutrisi yang penting seperti vitamin, mineral, elektrolit serta jangan takut konsumsi karbohidrat dan lemak sehat Omega 3 yang banyak di ikan, telur, daging, dll..

Ikuti terus Materi Pantang Diet, baca blognya pantangdiet.com dan join grup Facebook serta Coaching yang eksluksif di Whatsapp087878105050..

#pantangdiet #dietsehat #ketodiet

*sumber: Optimising Nutrition, Marty Kendall, Dr. Ted Naiman, dkk.

Iklan