The Craving Cure (Cara Mangatasi Cheating dari Kencanduan Makanan)

Lagi baca buku ini,

Menarik juga teorinya:

Orang yang kecanduan makanan yang dimakan secara berlebihan itu karena hasrat & nafsu makan tinggi (Craving), disebabkan defisiensi zat gizi tertentu;

Khususnya asam amino yang merupakan bahan baku dari neurotransmitter di otak seperti serotonin, dopamine, GABA, dsb.

Jadi bukan hanya sekedar pikiran yang menggoda yang berasal dari program negatif dari kebiasaan buruk, tekanan dari sekitar, pengaruh lingkungan, dst.

Namun merupakan kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan, gangguan biokimiawi dalam dinamika koneksi sistem saraf, sinyal sistem limbik, dll.

Sayangnya, bukunya bicara banyak tentang suplementasi, sebagai solusi untuk mengatasi Craving atau hasrat yang mendorong perilaku konsumsi makanan modern yang tinggi kalori,

Tapi rendah nutrisinya, seperti gula dan tepung, karbohidrat prosesan di beragam junk-food, itu semua candu!

Dan diatasi dengan konsumsi dari asam amino tertentu, tergantung diagnosanya jenis Craving apakah.

Padahal, sebaiknya dapatkan asam amino yang alami dan komplit dari protein hewani seperti daging, ayam, ikan, udang, telur, keju, susu dan sapi.

Pola makan yang cukup protein, tanpa diet ketat, bisa menyehatkan asalkan diimbangi dengan beraktivitas fisik, atau banyak bergerak dan berpuasa.

Malah, jangan berdiet kelamaan dan berolahraga terlalu berat; itu malah memicu Craving yang akhirnya jadi bikin Cheating, ngga bisa ‘eat clean’ dan berat badan kembali naik (yoyo).

Stop Diet Yoyo! #PantangDiet #PD #THECRAVINGCURE #JULIAROSS #READBOOKS #TipsMotivasidotcom

Iklan