9 Alur Logis Pantang Diet

1. Rata-rata orang membutuhkan 2000~2500 Kalori per hari, semakin berat semakin banyak.

2. Orang yang diet hanya mengurangi sekitar 10% ~ 20% maksimal minus 500 Kcal/hari, lebih dari itu akan sakit (malnutrisi, hipotiroid).

3. Malah diet-diet itu tidak bisa selamanya, bisa sukses turun, berhasil sementara saja tapi kalau berhenti diet, berat akan balik lagi naik tinggi dan semakin sulit kembali berdiet lagi karena metabolisme sudah turun/nge-drop jadi mudah gemuk.

4. Daripada diet mending fokus pada sisi output kalori alias pembakaran lemak badan dari metabolisme, bagaimana caranya untuk ditingkatkan lebih banyak defisit kalori dari lebih tinggi membakar simpanan lemak.

5. Orang sering berpikir harus olahraga, padahal walaupun menyehatkan, olahraga hanya bakar 10% saja bahkan kurang apalagi jika tidak setiap hari selama berjam-jam, olahraga juga kebanyakan bakar kalori dari glukosa bukan lemak, (makanya ada Carbo-loading), bikin gula darah turun dan mudah lapar, malah meningkatkan nafsu makan (lihat saja komunitas olahraga bersama sering ngumpul di kafe/resto) sehabis olahraga lapar.

6. Bagian metabolisme lain adalah dari makanan dan metabolisme dasar (saat tidur saja membakar kalori untuk organ-organ berfungsi tapi tidak bisa diubah) yang paling tinggi tingkatkan metabolisme adalah konsumsi protein atau TEF (Thermic Effect of Food) tapi efeknya hanya 10% dari total metabolisme pembakaran kalori, tidak cukup tinggi.

7. Yang membuat orang kurus bisa makan banyak tetap langsing dan orang gemuk makan sedikit lebih banyak aja langsung naik beratnya itu adalah NEAT,

NEAT (Non-Exercise Activity Thermogenesis) adalah aktivitas yang membakar kalori dari lemak badan diluar metabolisme dasar, makan dan bukan olahraga.

NEAT bisa berkontribusi mulai dari 20% hingga 50% dari total metabolisme bakar kalori, maksimal bisa naikin metabolisme hingga 2000 Kcal sendiri (penelitian pada petani vs pegawai) diluar metabolisme dasar, makan, dan0 olahraga, yaitu gerakan sehari-hari, aktivitas fisik.

8. Yang langsing sampai tua itu yang tak bisa diam, yang obesitas/kegemukan itu bukan hanya kebanyakan makan tapi juga durasi duduknya tinggi.

Para penduduk desa yang diriset makan banyak, konsumsi karbohidrat, tapi tetap kurus itu ternyata berjalan kaki sehari bisa hingga lebih dari 15 ribu langkah, tanpa diet & tidak berolahraga di fitness center.

9. Tapi olahraga tetap penting, untuk membangun kedisiplinan supaya bisa menciptakan kebiasaan sehat untuk terus aktif bergerak (NEAT) inilah salah satu dari empat pilar Pantang Diet yaitu Perilaku (NEAT dan Olahraga)

Selanjutnya akan kita bahas pilar yang lain seperti Puasa untuk menyetel nafsu makan juga supaya sehat serta mengutamakan konsumsi makanan alami yang bergizi khususnya Protein hewani.

Plus Psikologi, sebagai pilar terpenting, untuk motivasi diri dari ilmu neurosains, teknologi, mentoring, tekanan sosial, tapi bisa mengatasi stres dan kendala untuk mencapai tujuannya;

Mencapai berat ideal dan mempertahankannya sampai tua sehat!

Sampai nanti, SALAM PD

Iklan