Kenapa Tidak Usah Diet-Dietan untuk Turunkan Berat Badan



Diet itu ngga enak, udah makannya dibatasi, lalu yang turun berat badan bukan di lemak doang tapi susut juga massa otot, organ, hormon, metabolisme, kulit jadi keriput, rambut rontok, menopause, jadi cepet tua dan stres, lalu mental bisa terganggu, eating disorder merasa makanan adalah musuh, merendahkan orang lain yang makannya bebas, tapi dianya suka Cheating akhirnya Binge lalu Purge (dimuntahin, olahraga yang berat, berpuasa lama; menghukum diri).

Ingat, untuk kurus bukan hanya sisi input = makan, karena makan udah insting manusia mau yang enak dan hindari yang membosankan, jadi sulit melawan psikologi yang udah berevolusi selama manusia ada di dunia harus mencari makan, mau enak.


Justru pikirkan sisi output, alias metabolismenya, yang membakar lemak di tubuh.

Ingat, orang kaya ga hanya irit-irit (diet duit) tapi justru harus menambah hartanya.

Jadi kita harus menambah jumlah kalori yang dibakar, energi keluar harus lebih banyak, metabolisme naik.

*orang diet itu malah menurunkan metabolisme

Diet hanya andalkan metabolisme dasar untuk bakar kalori, padahal itu hanya sebagian dari komponen metabolisme dan sudah diubah cenderung fix.

Walau presentasi bisa besar 60%~75% tapi sebenarnya jumlahnya tetap, energi yang digunakan untuk kehidupan, cenderung sama aja, jadi kalau presentasi turun justru itu ada kenaikan di komponen lain.

Orang pikir untuk banyak bakar kalori dari makanan dan lemak badan adalah dengan olahraga tapi energi yang dikeluarkan itu hanya 5 persen aja dari total metabolisme.



Olahraga malah bikin lapar jika terlalu berlebihan dan bisa picu hasrat ingin makan lebih banyak karena pikiran mentang-mentang udah berolahraga.

Komponen lain adalah thermic effect of food alias energi yang dikeluarkan untuk sistem pencernaan, tapi itu hanya 10% aja dan naik sedikit jika makannya protein lalu karbohidrat, lemak paling sedikit butuh energi karena langsung diserap sistem cerna, masuk disimpan di sel-sel lemak.

Nah, komponen lain dari metabolisme yang bisa kita pengaruhi secara sadar ada dalam kendali dan bisa dinaikkan, adalah NEAT: Non Exercise Activity Thermogenesis

Mulai dari hanya 20% bagi orang yang malas dan kurang aktif, hingga mencapai ribuan Kalori, mengeluarkan energi untuk bergerak, beraktivitas yang diluar olahraga, kegiatan sehari-hari dengan tenaga yang lebih banyak dari sekedar duduk atau rebahan.

Bayangkan, tidak ada diet dan olahraga manapun yang bisa membakar kalori hingga ribuan setiap hari!

Mungkin diet-puasa bisa, dan olahraga ultra-marathon tapi kan ngga bisa setiap hari. Hanya NEAT yang bisa.

Dan NEAT itu secara kurang lebih terukur dari jumlah langkah harian, jadi mulailah mencicil dari pagi, mudah kok, hanya melangkah, ngga perlu olahraga yang susah.

Banyak jalan juga bikin sehat, pencernaan lancar, kolesterol, gula darah, lemak jadi normal, mengendalikan nafsu makan lagi, jadi ngga kayak olahraga yang malah ingin makan banyak, NEAT melawan rakus dan malas, dua sifat yang bikin gemuk.